LAPORAN PENELITIAN PUBLIC RELATION PERUSAHAAN
LAPORAN
PENELITIAN
Peran Hubungan Masyarakat di PT Len Industri (Persero)

Disusun Oleh :
Dania Sapitri
|
9882405116311017
|
Graciela Cornelia Mandagi
|
9882405116311038
|
Siti Asiah
|
9882405116311042
|
Siti Maryati
|
9882405116311016
|
UNIVERSITAS INFORMATIKA DAN
BISNIS INDONESIA
FAKULTAS
KOMUNIKASI DAN DESAIN
ILMU
KOMUNIKASI
2017
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat Nya
sehingga tugas ini dapat tersusun hingga
selesai. Tidak lupa juga kami ucapkan terimakasih kepada ibu Vina Dartina,
S.Sos., M.Pd selaku Dosen Mata Kuliah Dasar Hubungan Masyarakat yang memberikan
bimbingan, saran ide dan kesempatan untuk kami.
Harapan kami semoga laporan penelitian ini membantu menambah
pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga kami dapat memperbaiki
bentuk maupun laporan penelitian ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.
Laporan penelitian ini kami akui masih banyak kekurangan. Oleh
karena itu, kami harapkan kepada pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang
bersifat membangun untuk kesempurnaan laporan ini.
Bandung, 27 Maret 2017
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR...................................................................................................... i
DAFTAR ISI..................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang .................................................................................................. 1
1.2 Tujuan
............................................................................................................... 1
BAB II ANALISIS
2.1 PT.
Len Industri (Persero) ................................................................................ 2
2.2 Divisi-divisi ...................................................................................................... 2
2.3 Peranan dan Tugas Humas ............................................................................... 3
2.4 Program-program............................................................................................... 5
2.5 Kemampuan
yang Harus dimiliki Humas ......................................................... 8
BAB III PENUTUP
3.1
Kesimpulan ....................................................................................................... 10
LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Perkembangan ilmu pengetahuan saat ini telah mengantarkan
kita pada masa dimana banyaknya ilmu pengetahuan yang kemudian mengalami
perkembangan menjadi disiplin ilmu tersendiri. Salah satu dari sekian banyak disiplin
ilmu tersebut adalah Public Relation. Ilmu ini berkembang karena adanya
kebutuhan manusia karena perkembangan pengetahuan, teknologi dan zaman.
Perusahaan atau lembaga-lembaga saat ini banyak sekali yang
mempraktikkan disiplin ilmu ini meski pun nama atau sebutan bagi para pelakunya
berbeda-beda. Diantaranya kita mengenal istilah HRD, PR, Personalia, Humas, dan
lain-lain. Pada dasarnya mereka menjalankan fungsi yang sama.
Atas dasar keterangan diatas, maka penulis melakukan
observasi ke lapangan untuk mengenal dan mengetahui lebih jelas praktik
disiplin ilmu tersebut.
Adapun tujuan observasi ini adalah sebagai berikut :
1. Memenuhi tugas observasi mata kuliah Dasar Hubungan
Masyarakat
2. Mengetahui praktik dari Public
Relation di lapangan
3. Mengetahui siapa saja yang menjalankan fungsi dari Public
Relation
4. Menganalisis seberapa penting peran
Public Relation di PT. Len Industri (Persero)
BAB
II
ANALISIS
2.1 PT. Len Industri (Persero)
Pada bagian ini akan dijabarkan analisis mengenai
peran Humas di PT. Len
Industri (Persero), sebelum membahas humasnya sendiri kami akan menjelaskan PT.
Len Industri (Persero) ini. Awalnya perusahaan ini bernama LEN (Lembaga
Elektronika Nasional) sejak tahun 1965. Kemudian bertransformasi menjadi sebuah Badan Usaha Milik Negara
(BUMN) pada tahun 1991. Sejak
saat itu, Len bukan lagi merupakan kepanjangan dari Lembaga Elektronika
Nasional (LEN), tetapi telah menjadi sebuah entitas bisnis profesional dengan
nama PT Len Industri. Saat ini Len berada di bawah koordinasi Kementrian Negara
BUMN dengan kepemilikan saham 100% oleh Pemerintah Republik Indonesia. Selama
ini, Len telah mengembangkan bisnis dan produk-produk dalam bidang elektronika
untuk industri dan prasarana, serta telah menunjukkan pengalaman dalam bidang :
- Broadcasting, selama lebih dari 30 tahun, dengan ratusan Pemancar TV dan Radio yang telah terpasang di berbagai wilayah di Indonesia.
- Jaringan infrastruktur telekomunikasi yang telah terentang baik di kota besar maupun daerah terpencil.
- Elektronika untuk pertahanan, baik darat, laut, maupun udara.
- Sistem Persinyalan Kereta Api di berbagai jalur kereta api di Pulau Jawa dan Sumatera.
- Sistem Elektronika Daya untuk kereta api listrik.
- Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang telah terpasang diberbagai pelosok Indonesia.
2.2
Divisi-divisi
Di PT Len ini terdapat divisi sebagai
berikut :
·
Lini bisnis elektronika pertahanan
·
Lini bisinis energi terbarukan
·
Lini bisnis ICT
·
Lini bisnis sistem navigasi
·
Lini bisnis transportasi perkereta
apian
·
Humas
Dari salah satu divisi tersebut terdapat divisi yang
paling berperan penting dalam menjaga
dan membina hubungan baik antara instansi dengan masyarakat umum atau publik
beserta dengan konsumenya. Divisi
tersebut ialah divisi Humas, dengan adanya divisi ini terbentuklah opini publik yang baik terhadap perusahaan.
2.3 Peranan dan
Tugas Humas
Pada dasarnya tujuan setiap perusahaan adalah memperoleh
laba yang maksimal, dan ini hanya dapat dicapai apabila perusahaan cukup berhasil dalam
menjalankan kegiatanya. Adapun tujuan dilaksanakanya Public Relation
adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang kegiatan perusahaan
dengan cara mengembangkan sikap saling menghargai dan memperoleh opini publik
yang mendukung atau menciptakan kerja sama berdasarkan hubungan kedalam maupun
keluar.
Informasi yang
kami dapatkan dari narasumber peranan dan tujuan kegiatan dari divisi Humas
baik Internal maupun Eksternal.
a. Internal
Tujuan berdasarkan kegiatan
Public Relation kedalam
perusahaan diperlukan untuk memupuk adanya suasana yang menyenangkan diantara
para karyawannya, komunikasi antara bawahan dan pimpinan atau atasan terjalin
dengan akrab dan tidak kaku, serta meyakini rasa tanggung jawab akan
kewajibanya terhadap perusahaan.
Untuk dapat menciptakan itu semua, maka perusahaan melalui
kebijaksanaan Internal Public Relation
berusaha mengadakan :
- Pengumuman-pengumuman
- Buletin
- Kontak pribadi
- Pertemuan-pertemuan berkala
- Kotak suara
- Hiburan dan darmawisata
- Olahraga
- Study tour dan pelatihan
- Hadiah-hadiah dan penghargaan
- Tempat-tempat ibadah
Semuanya itu hanya sebagian dari tugas dan usaha untuk
mencapai tujuan dari Internal Public
Relation. Banyak lagi tugas dan upaya lain yang bisa dipikirkan petugas Public Relation guna menciptakan suasana
yang menyenangkan dalam lingkungan intern
perusahaanya. Dalam hal pelaksanaan tugas-tugas tersebut, sudah tentu dipilih
hal-hal yang mampu dan sesuai dengan perkembangan perusahaan itu sendiri.
b. Eksternal
Selain menjalankan kegiatan
internal Public Relation, suatu perusahaan perlu menjalankan kegiatan eksternal Public Relation. Tujuan eksternal Public Relation adalah untuk
mengeratkan hubungan dengan orang-orang diluar perusahaan hingga terbentuklah
opini publik yang baik terhadap perusahaan. Berdasarkan hal tersebut, eksternal
Public Relation harus melakukan tugas untuk memperoleh dukungan, pengertian dan
kepercayaan dari masyarakat luas. Tugas-tugas yang harus dilaksanakan dalam
eksternal Public Relation yaitu :
1. Mengadakan analisa dan penilaian
terhadap sikap dan opini publik yang menghadapi kebijaksanaan pimpinan
perusahaan dalam menggerakkan kegiatannya.
2. Memberikan nasehat dan saran kepada
pimpinan perusahaan sehubungan dengan tujuan Public Relation .
3. Menciptakan dan memelihara suatu
citra yang baik dan tepat atas organisasinya.
4. Menyediakan berbagai informasi
kepada publik, guna kebijakan, dalam rangka menjangkau pengertian publik.
Oleh
karena itu seorang pimpinan dalam hal ini perlu lebih memperhatikan
suatu langkah dalam mendayagunakan tujuan dan kegiatan eksternal Public Relation itu. Eksternal
Public Relation bertujuan untuk menciptakan komunikasi dua arah timbal
balik yang saling menguntungkan antara pihak perusahaan dengan pihak luar
perusahan.
2.4 Program-program
Untuk mencapai suatu perusahaan yang
lebih baik, humas membuat beberapa program diantaranya program untuk jangka
pendek dan program jangka panjang :
a. Jangka pendek :
Dalam mencapai tujuan yang ditetapkan dalam kebijakan
tanggung jawab sosial terhadap lingkungan hidup tahun 2013, Len melaksanakan
strategi sebagai berikut:
- Melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah dalam rangka program bantuan sosial dan penghijauan dikabupaten Bandung
- Berkordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum, Badan Lingkungan Hidup Pemerintah dan dinas terkait di Kabupaten Bandung untuk mendukung program program penciptaan lingkungan hidup yang sehat di Kabupaten Bandung
- Menerapkan prinsip keberlanjutan dalam setiap implementasi program CSR terhadap lingkungan, sehingga bantuan yang diberikan dapat bertahan lama dan terpelihara.
Sedangkan
program yang dijalankan secara umum dikelompokkan menjadi enam bidang yaitu
kesehatan, pendidikan, penghijauan, sarana ibadah, sarana dan prasarana umum
serta bencana alam. Berikut adalah kegiatan yang telah dijalankan dalam
beberapa tahun terakhir:
- Gerakan Sejuta Pohon dan Gerakan Sejuta Biopori
Pengelolaan
perusahaan yang berwawasan lingkungan merupakan dasar dalam menciptakan suasana
keindahan dan kenyamanan lingkungan, terutama dalam meningkatkan derajat
kesehatan masyarakat secara optimal. Dengan adanya penerapan penghijauan
berupa gerakan sejuta pohon dan gerakan sejuta biopori ini diharapkan bisa
menjadi salah satu alternatif dalam menata dan memelihara kelestarian
lingkungan hidup di wilayah Indonesia.
- Kegiatan Filiantropi
Perusahaan juga berupaya untuk responsif terhadap kejadian
yang sifatnya insidental, ataupun tanggap darurat, yang dapat dikategorikan
sebagai aktivitas sosial masyarakat dan kemanusiaan atau biasa dikenal sebagai
program filantropi. Kegiatan filantrofi yang telah dilaksanakan dalam beberapa
tahun terakhir antara lain :
•
Pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, drainase dll
• Donasi bencana alam
• Direksi BUMN mengajar
• Program Vaksinasi Influenza
• Boseh Bandung Juara
• Peduli Ramadhan
• Donasi bencana alam
• Direksi BUMN mengajar
• Program Vaksinasi Influenza
• Boseh Bandung Juara
• Peduli Ramadhan
- Green Office
Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan, Len menerapkan
program Green Office yang merupakan konsep kantor yang kegiatannya
dijalankan dengan cara yang ramah lingkungan, yaitu seluruh pegawai serta pihak
manajemen kantor berupaya untuk menerapkan berbagai penghematan, seperti hemat
kertas, hemat listrik, hemat air, hemat BBM serta upaya perusahaan dalam
mengelola sampah.
b. Program jangka
panjang
·
Program
Pembinaan
Sasaran pembinaan adalah mewujudkan usaha kecil efisien,
sehat dan mandiri serta usaha kecil mampu menjadi unsur utama kekuatan ekonomi
kerakyatan yang memberikan sumbangan besar bagi pembangunan ekonomi nasional.
Len berkomitmen untuk membantuk UKM yang berada diluar zona bankable
untuk kemudian dilakukan pembinaan sehingga UKM tersebut dapat menjadi UKM yang
bankable.
Strategi pembinaan yaitu meningkatkan kemampuan akses usaha
dan memperbesar pangsa pasar yang membutuhkan peningkatan prakarsa, inisiatif,
kreatifitas, keuletan, kerja keras dalam memanfaatkan dan menciptakan peluang
usaha serta meningkatkan kemampuan akses terhadap sumber permodalan dilakukan
dengan meningkatkan keuntungan usaha, melalui peningkatan penjualan dan
efisiensi biaya. Membuka peluang pemanfaatan produksi melalui kerjasama yang
saling menguntungkan antara Pembina dengan mitra binaan dengan pola kerjasama
klasterisasi.
Pembinaan kepada usaha kecil dan menjalin hubungan dengan
masyarakat lingkungan perusahaan yang dimulai sejak tahun 1994 dan sampai saat
ini telah membina Mitra Usaha sebanyak 213 unit mitra terdiri dari 207 unit
usaha kecil dan 6 unit koperasi. Jenis usaha terdiri dari usaha pengolahan dan
jasa, pengolahan berupa produksi spare parts (barang-barang teknik),
konveksi, kerajinan, industri pertanian serta koperasi. Lokasi usaha mitra binaan sebagian
besar berdomisili di Kota dan Kabupaten Bandung. Pembinaan dan penyaluran
bantuan kemitraan bekerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Bandung,
lembaga sosial seperti Rumah Zakat, PKPU dan kelompok usaha bersama lainnya
(Kober).
·
Program
Desa Binaan
Len melanjutkan program Desa Binaan yang telah dicanangkan.
Program ini merupakan arahan dari Kementerian BUMN dalam mensinergikan Program
Kemitraanan Bina Lingkungan (PKBL) dalam satu wilayah untuk meningkatkan perekonomian
masyarakat di wilayah tersebut. Len Industri telah melakukan survey dan mapping
di 3 (tiga) wilayah Kabupaten Bandung yang dilaksanakan bekerjasama dengan
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Magister Manajemen
Universitas Padjadjaran Bandung.
Wilayah-wilayah tersebut merupakan daerah tertinggal yang
mempunyai potensi baik dari segi geografisnya maupun sumber daya manusianya.
- Desa Mekarlaksana Kecamatan Cikancung
- Desa Drawati Kecamatan Paseh
- Desa Laksana Kecamatan Ibun
Program Desa Binaan ini dalam pelaksanaannya akan melakukan
secara bertahap, yaitu dengan membina 1 (satu) desa binaan selama satu tahun.
Diharapkan dalam satu tahun Len Industri sudah dapat melaksanakan
program-program di desa tersebut dan akan melakukan pendampingan selama 2 (dua)
tahun.
Dengan
terlaksananya Program-program tersebut PT. Len Industri (Persero) banyak
mendapatkan penghargaan salah satu penghargaan tersebut yang sering diraih
ialah penghargaan pada ajang Top CSR Award. Prestasi ini diraih
adalah hasil kinerja bersama dengan para pemegang saham yang sangat mendukung
program CSR Len dan secara internal juga secara solid mendukung CSR yang dilakukan oleh seluruh jajaran Len. CSR Len yang mengusung tagline “Go Green, Go Smart, Go Welfare” dengan visinya “Maju Bersama Masyarakat Mewujudkan Kehidupan Harmonis dan Sejahtera” merupakan wujud kepedulian Len kepada masyarakat dan lingkungan sekitarnya menjadi komitmen dan tanggung jawab perusahaan dalam menerap-kan kebijakan usaha Len. Pelaksanaan program CSR Perseroan tidak mengejar keuntungan, tetapi memberikan kontribusi terbaik kepada masyarakat serta lingkungan tempat dimana perusahaan beroperasi. Harapan Len yakni terciptanya hubungan yang harmonis antara Perseroan dengan lingkungan dan masyarakat serta memberikan manfaat yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.
program CSR Len dan secara internal juga secara solid mendukung CSR yang dilakukan oleh seluruh jajaran Len. CSR Len yang mengusung tagline “Go Green, Go Smart, Go Welfare” dengan visinya “Maju Bersama Masyarakat Mewujudkan Kehidupan Harmonis dan Sejahtera” merupakan wujud kepedulian Len kepada masyarakat dan lingkungan sekitarnya menjadi komitmen dan tanggung jawab perusahaan dalam menerap-kan kebijakan usaha Len. Pelaksanaan program CSR Perseroan tidak mengejar keuntungan, tetapi memberikan kontribusi terbaik kepada masyarakat serta lingkungan tempat dimana perusahaan beroperasi. Harapan Len yakni terciptanya hubungan yang harmonis antara Perseroan dengan lingkungan dan masyarakat serta memberikan manfaat yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.
2.5 Kemampuan yang Harus dimiliki Humas
Public Relations merupakan sebuah
bidang yang secara langsung berhubungan dengan khalayak baik eksternal maupun internal. Adapun yang harus dimiliki praktisi PR atau humas adalah:
1. Layaknya seorang humas harus mampu menjalin hubungan baik
dengan lembaga regulator atau pemerintah, yang tentunya tak hanya dilakukan
melalui publisitas melalui media, melainkan juga melakukan lobi.
2. Staf humas juga harus menjaga hubungan baik dengan pelanggan, dengan
mendengarkan keluhan dan keinginan pelanggan tersebut.
3. Staf humas juga harus menjaga hubungan baik
dengan komunitas sekitar organisasi tempatnya bekerja melalui pengembangan
komunitas sebagai tanggung jawab sosial organisasi.
Dalam menjalankan fungsi PR atau humas, pejabat humas
dituntut untuk memiliki empat kemampuan yaitu sebagai berikut :
1. Memiliki kemampuan mengamati dan
menganalisis suatu persoalan berdasarkan fakta di lapangan, perencanaan
kerja,komunikasi dan mampu mengevaluasi suatu problematik yang dihadapinya.
2. Kemampuan untuk menarik perhatian
melalui berbagai kegiatan publikasi yang kreatif, inovatif, dinamis, dan
menarik bagi publiknya sebagai target sasarannya.
3. Kemampuan untuk mempengaruhi pendapat
umum melalui kekuatan public relations (Power
of the PR) dalam merekayasa pandangan atau opini publik (Crystallizing public opinion) yang
searang dengan kebijakan organisasi atau instansi yang diwakilkannya itu dalam
posisi saling menguntungkan.
4. Kemampuan PR atau humas menjalin suasana saling
percaya, toleransi, saling menghargai, good
will dan lain sebagainya dengan berbagai pihak, baik publik internal maupun
eksternal.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Menjawab tujuan penelitian ini maka kesimpulan
penelitian tentang Peran
Hubungan Masyarakat di PT.Len Industri (Persero)antara lain
:
1.
PT. Len Industri (Persero) merupakan
perusahaan yang bergerak di bidang Broadcasting, Jaringan Infrastuktur
Telekomunikasi, Elektroniks Pertahanan, Sistem Persinyalan Kereta Api,dan
Pembangkit listrik tenaga surya. Berada di bawah koordinasi kementrian negara
BUMN dengan kepemilikan saham 100% dari pemerintahan Indonesia.
2.
Dalam suatu perusahaan humas berperan
cukup penting untuk keberlangsungan perusahaan itu sendiri. Banyak upaya dalam
menciptakan suasana internal yang nyaman yang dilakukan oleh humas. Juga
peranan eksternalnya untuk
mengeratkan hubungan dengan orang-orang diluar perusahaan hingga terbentuklah
opini publik yang baik terhadap perusahaan.
3.
Humas bertugas dalam membuat
program-program baik itu dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
4.
Menjadi seorang humas harus mempunyai
kemampuan berkomunikasi dengan baik terhadap siapapun. Dan harus mengetahui apa
yang sedang terjadi saat itu lalu menganalisis fenomena tersebut.
LAMPIRAN
Keterangan lapangan observasi
Tempat :
PT.LEN INDUSTRI (PERSERO)
Alamat
: Jl. Soekarno hatta no 422
Pasirluyu, Regol Bandung Jawa Barat 40254
Narasumber : -Yudha
Ryanto, Staff Humas dan CSR/PKBL mulai tahun 2006
-Ais
Lukmanudin, Staff Humas mulai tahun 2008
Metode
observasi
Observasi
ini dilakuka langsung di lapangan dan dengan cara wawancara face
to face dengan narasumber. Penulis mengajukan 5 pertanyaan yang dirasa
berhubungan dengan fungsi Public Relation.
Catatan
wawancara
Pertanyaan : program apa sajakah
yang sudah dilakukan CSR?
Memperkenalkan
kepada masyarakat lapisan atas dan bawah, untuk memasarkan lebih dalam lagi
tentang produk apa saja yang dimiliki dan dikeluarkan oleh PT.Len dan produk
yang dibuat ini bukan buatan pemerintah. Melainkan produk buatan PT.Len
Mengadakan
pameran pameran , disesuaikan pamerannya tentang dunia kereta api tabel energy (sesuai bidang) dan setiap tahun
ada media gathering(lebih efektif) pers konferese(langsung diundang)
Peran public relation dalam
internal?
Ada
info seputar perusahaan PT.Len(bulletin) media seperti lomba foto
Harus
mau bersatu dengan divisi lain dari mulai atasan hingga bawahan
Humas
sebagai media dari TOP jajaran manajemen ke karyawan
Menghimpun
aspirasi menengah kebawah (special)
Sering
mengadakan acara seperti hallal bi hallal,olahraga bareng dsb
Tanggapan untuk meminimalisir
masalah?
Setiap
tahun selalu ada kunjungan
Tetap
membangun hubungan keluar
Menjadi
seorang humas harus supel dan up to date
Seluruh
karyawan PT LAN adalah humas (harus menyamakan persepsi tentang Lan)
Infrastruktur
media dalam internal belum optimal, SDM dalam bulletin kurang tebel tipis tpi
frekuensi ingin ditambah
Program program tersebut bisa
membesarkan nama perusahaan?
-
Untuk bagian humas susah untuk memiliki
bahwa program tersebut berhasil berbeda dengan marketing dalam target, yang
menilai dari luar
-
- pengalaman humas ; 2009-2017 .. orang
awam lambat laun mengenal len meski hanya kalangan pelajar, bukti dan
penanyakan lamaran kerja, dari pertanyaan pun berbeda, len produknya apa?
Sekarang len proyeknya dimana aja?
-
Social media masih baru pakai.. karena
di sosmed jika ada customer bertanya kita harus instan menjawab
Dari program yang ada, apakah ada
tujuan sosialnya?
-
PKBK (program kemitraan bina lingkungan)
.. paling dirasakan .. BUMN : mendanai teman teman ukm miro kecilyang menengah
kebawah (pinjamanmodal) itu kegiatan social PT.Len kepada masyarakat yang
membedakan dengan swata.
Harapan kedepan dari divisi Len ?
-
Dikenal
sebagai perusahaan teknologi yang mandiri
-
Kemandirian teknologi yang bertadaya sai
ng “harus ada divi khusus untuk kemajuan teknologi canggih tapi bisa
dimanfaatkan oleh masyarakat.
-
Keunggulan len adalah menggunakan
teknologi persinyalan (di Indonesia maupun luar negeri belum ada teknologi
persinyalan ) di Asia Tenggara baru beberapa dan di Indonesia baru PT.LEN
-
-
Dokumentasi
Gedung Utama PT.Len Industri (Persero)

Media Informasi Internal PT. Len
Industri (Persero)

Proses berlangungnya wawancara


Foto bersama HUMAS PT. Len Industri
(Persero)

Komentar
Posting Komentar